Portable Server WordPress

Portable Server untuk Mempercepat Proses Design WordPress Themes

Dalam membuat sebuah design themes WordPress dan juga aplikasi web berbasis PHP lainnya kita pastinya perlu menginstall web server dahulu di komputer kita. Ada beberapa solusi dalam menginstall web server, bisa satu per satu, mulai dari PHP, MySQL dan baru web server seperti Apache atau Nginx.

Bisa juga dengan menggunakan software yang berisikan ketiga tool tersebut semuanya seperti Xampp atau Ampps. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan portable server, yang kita tidak perlu menginstall apapun di komputer kita, cukup ekstrak paket portable server tersebut jalankan, buat database dan install WordPress.

Dan kali ini saya akan membeberkan tentang beberapa portable server yang sudah pernah saya gunakan dalam rangka membuat WordPress themes untuk blog saya. Saya lebih suka server portable karena tidak repot dan tidak menambah beban CPU kecuali sedang dijalankan. Ok langsung saja inilah:

3 Portable Server untuk Mempercepat Proses Design WordPress Themes

1. USBWebserver

Saya pernah sesekali menggunakan USBWebServer, seperti namanya, kita cukup ekstrak paket yang kita download dari situsnya, lalu kita tingal menjalankannya dengan membuka file usbwebserver.exe yang ada di root foldernya. Lalu tingal copy file WordPress di folder root dan buka localhost di port 8080, http://localhost:8080/.

2. wemp

Kalau anda lebih suka menggunakan nginx daripada Apache, ada pilihan portable server lain yaitu wemp. Beberapa program yang sudah termasuk dalam wemp adalah nginx 1.2.8 (server), mariadb 5.5.30 (database), php 5.4.13, wincache 1.3.4  (caching), adminer 3.6.3 (database tool), sqlbuddy 1.3.3 (database tool alternative).

3. Uniform Server

Portable Server WordPress

Uniform Server adalah portable server yang saya kenal pertama kali dan paling sering saya pergunakan sampai sekarang. Versi terakhir adalah Coral 8.8.2 yang di dalamnya sudah termasuk Apache2, Perl5, PHP5, MySQL5 dan phpMyAdmin.

Selain support PHP ada juga bahasa pemrograman perl yang didukung server ini, bagi yang mau belajar mengunakan CMS Django sepertinya bisa juga mengunakan server ini. Yang membuat saya memilih Uniform Server daripada USBWebserver adalah tampilan url yang lebih manis saja, cukup localhost tanpa port, dan saya lebih terbiasa.

Selain itu juga ada paket yang disebut dengan mini server, yang isinya adalah paket server untuk CMS tertentu. Mini Server WordPress sudah berisi Apache, PHP dan MySQL lengkap dengan WordPress yang bisa dijalanakan. Selain WordPress ada juga  mini server Joomla, Xoops, phpBB dan MediaWiki.

Tips: Biar Lebih Cepat Lagi

Kalau mengunakan Portable Server masih dirasa kurang dan mau lebih cepat lagi sebelum membuat themes WordPress. Karena masih harus install WordPress berkali – kali ada caranya yang lebih efisien.

Yaitu dengan mengaktifkan fitur multisite dari WordPress. Caranya bisa dilihat di WordPress Codex, tidak butuh waktu lama. Setelahnya tinggal buat site baru setiap ada proyek design themes wordpress baru.

4 pemikiran pada “Portable Server untuk Mempercepat Proses Design WordPress Themes

  1. kalau saya itu hari waktu belajar tentang web dinamis, yang saya pake yaitu xampp atau wampserver tapi cuman sebatas buat database kecil2an serta desain webnya juga yang masih asal2an.. 😀 Tapi kayaknya lebih mantap uniform server ya mas..??

    • Iya mas, saya suka Uniform Server karena sudah seperti di server live semua setting sudah sama mas. Penggunaan pretty permalink misalnya tidak perlu mengubah htacces mas.

      • Saya udah download softwarenya dan akan saya coba nanti. Kalau ada yang saya tidak tau fungsinya pada software itu, kan bisa kembali bertanya ama mas kan… 🙂

      • Hehehe… silahkan mas, saya rasa tidak bakan susah untuk mulai menggunakan software ini, saya menggunakannya dalam sebuah media portable, jadi dimana saja kalau saya mau bisa melanjutkan design WordPress Themes saya 🙂

Komentar ditutup.