Widget Visibility WordPress, Sebuah Tutorial Singkat

Widget visibility WordPress, atau kenampakan widgets adalah sebuah fitur yang sangat berguna untuk mengatur tampilan sebuah widgets/sidebar pada blog. Dengan widgets visibility yang saya tahu keberadaannya setelah WordPress 3.6 ini kita bisa memunculkan dan menyembunyikan sebuah widget hanya pada keadaan tertentu saja.

Contohnya adalah seperti widgets rekomendasi hosting terbaik Indonesia yang berada paling tas di sidebar blog ini. Widget itu hanya muncul pada halaman posting, berarti saat single.php dari themes yang dipakai. Jika anda berada selain di artikel tunggal, katakanlah halaman web design murah, kategori personalΒ dan tag web hosting terbaik indonesia, widget itu tidak akan terlihat.

Mengatur Widget Visibility WordPress

Widget Visibility WordPressCaranya memunculkannya sangat sederhana, karena bisa langsung kita temukan dengan meng-klik tombol visibility yang ada di samping tombol save untuk setiap wdget yang ada di WordPress. Yang sedikit tricky adalah penggunaannya πŸ™‚

1. Memunculkan widget pada posting saja

Widget Visibility WordPress - Muncul di Posting

Untuk memunculkan sebuah widget pada semua posting, tentunya yang pertama anda memilih show pada pilihan logikanya, lantas pilih page dan is tulisan. Dalam Bahasa Indonesia berarti kita meminta WordPress menampilkan widget jika halaman yang dimunculkan berupa tulisan.

Kalau anda ingin menyembunyikannya, maka tinggal dibalik logikanya jadi hide.

2. Memunculkan Widget pada kategori tertentu

Widget Visibility WordPress - muncul pada kategori

Pertama kali menyembunyikan widget itu pada halaman arsip nampaknya bagus, bisa mengurangi jumlah link pada halaman. Tapi ternyata widget itu sangat sesuai jika pengunjung melihat kategori tentang blogging di blog ini, maka untuk memunculkannya saya bisa menambahkan aturan baru seperti di atas.

Selain page (halaman yang dimuat) dan kategori, ada pula logika yang berkaian dengan arsip author, tag dan tanggal (arsip harian, bulanan, tahunan), semua bergantung imaginasi anda!

Manfaat Widget Visibility WordPress

Lantas kalau begitu bagaimana cara mengunakan fitur iin dengan baik? Pertanyaan bagus. Banyak tujuan yang bisa kita capai dengan kemampuan widgets visibility WordPress ini.

1. Meningkatkan on page SEO Blog

Salah satu faktor on page SEO yang bagus adalah jumlah link sebuah halaman yang tidak lebih dari 200 buah, ada yang bilang antara 100-150. Dengan menggunakan widgets visibility WordPress saya menyembunyikan widgets tersebut untuk mengurangi jumlah yang ada di halaman arsip, kenapa?

Karena halaman arsip seperti kategory dengan 7 posting akan memiliki jumlah link lebih banyak dari sebuah posting saja. Saya melihat per posting ada minimal 4 link, jadi total 28 link untuk bagian arsip itu saja, satu posting dengan jumlah link seperti itu tentunya tidak akan pernah kita buat khan, jarang sekali.

2. Memberikan widget yang lebih sesuai

Penerapan seperti pada poin kedua memberikan kita peluang untuk memunculkan widget yang lebih sesuai dengan halaman yang dimunculkan. Seperti menampilkan widget berdasar penulis jika blog diisi banyak orang, maka tiap penulis bisa memasang banner dengan link affiliasinya sendiri di blog mana saja.

Kalau mau menukar – nukar banner berdasar kategori juga sangat mungkin nampaknya, saya juga belum banyak bereksplorasi.

Widget WordPress di masa depan

Ke depan, para developer inti WordPress juga akan menampilkan widgets dengan cara yang berbeda, tampilan yang sekarang kita miliki ini sudah monoton sejak versi 2.8 kalau tidak salah, dan diperbaharui sedikit di versi 3.0.

Saya harap sedikit informasi tentang widget visibility WordPress ini bisa berguna bagi semua teman blogger pembaca blog ini, selamat pagi, salam πŸ™‚

4 pemikiran pada “Widget Visibility WordPress, Sebuah Tutorial Singkat

  1. Setiap kali baca postingan baru dari blog ini, pengennya langsung dipraktekkan mas tapi apalah daya saya belum bisa langsung praktekkan coz tidak ada atau belum ada media yang bisa digunakan untuk memnpraktekkan informasi di atas… πŸ™

Tinggalkan komentar