Cara Mendapatkan Backlink dengan Cepat

by

Salah satu cara mendapatkan backlink dengan cepat, mudah dan gratis adalah dengan blogwalking. Selain mendapatkan backlink, dengan blogwalking juga menjadikan kita banyak teman, lebih banyak dikenal dan kadang bisa support satu sama lain.

Selain cepat, mudah dan gratis, kita juga bisa memilih untuk mencari backlink dari website lain yang berkualitas. Yang sudah memiliki backlink banyak, posisi bagus di SERP dan usia domain dan artikel yang ratusan atau bahkan ribuan buah.

Cara Mendapatkan Backlink dengan Cepat – Black Blogwalking

Awalnya (saat pertama saya ngeblog tahun 2007), menanggapi isi posting/artikel adalah dengan memberi dukungan, candaan, sanggahan yang konstruktif atau pertanyaan yang lebih detail jika artikelnya berupa tutorial dan masih ada ketidak jelasan. Intinya untuk kenal satu sama lain dalam komunitas online.

Dari sana biasanya blogger dikenal dengan kebiasaan posting, seperti blogger kuliner, blogger wisata, blogger yang suka ngadain giveaway, blogger tukang bikin tutorial, blogger tukang nawarin produk (gue banget 😛 ) sampai  trainer blogger yang humoris dan santun. Dan dari sanalah indahnya blogging.

Tapi belakangan banyak blogger dadakan yang opportunis yang salah kaprah dalam blogwalking, mereka cuman menjadikan blog orang sebagai tempat promosi. Alih – alih berusaha kenal dengan yang empunya blog, baca artikelnya saja tidak, berikut adalah ciri – ciri blogger semacam itu;

1. Namanya bukan nama Orang

Banyak kita dapati sekarang komentator baru di blog menggunakan nama – nama dagangan atau komoditas lainnya. Mungkin terinspirasi saat mereka pertama kali ikutan kontes SEO 😛

2. Alamat website mengarah ke single post

Well, mungkin ga ada kesepakatan juga, tapi dari dulu awal ngeblog biasanya kalau berkomentar ke blog orang itu yang kita cantumkan alamat home page dari blog kita, ga usah alamat URL per artikel. Apalagi diawali dengan kesalahan pada point 1.

3. Menggunakan link shortener di alamat website

Kedua kesalahan sebelumnya kadang sudah mereka lakukan sekaligus, ditambah link alamat websitenya menggunakan link shortener, yang kalau dibuka nantinya ternyata adalah website dagangan obat kuat atau yang sejenisnya. Amit – amit.

4. Komentar dengan menggunakan template

Yang penting bagi blogger oportunis, atau mungkin mereka sadar menyebut dirinya sendiri spammer kadang adalah cara mendapatkan backlink dengan cepat, mudah dan gratis. Sering mereka tidak baca artikelnya, tapi sekedar klik judul artikel, ngacir ke kolom komentar, masukin nama, email dan url lalu klik paste dan submit.

Buka seratus blog dalam sehari, bisa jadi komentarnya sama semua 😛

5. Berkomentar dengan bahasa berbeda dari artikel

Yang ini konyol memang, saya yakin hal ini terjadi karena mereka sudah mahir, kerjanya menggunakan bot tidak dengan mengunjungi blog kita secara manual.

Parahnya, kadang yang dikomentari bukan artikelnya, tapi sekedar attachment/gambar dalam sebuah artikel 😛

Kalau mau contohnya, bisa dilihat di kedua gambar ini;

Cara Mendapatkan Backlink dengan Cepat

Cara Mendapatkan Backlink dengan Cepat 2

Untuk komentar – komentar macam diatas, kalau namanya sudah menggunakan keyword produk, biasanya langsung saya masukkan ke spam, kalau namanya masih normal anggap saja dia belom tahu, buang saja ke trash.

Cara Mendapatkan Backlink dengan Cepat via Blogwalking yang Wajar

Saya katakan yang wajar, bukan yang benar karena setiap orang pasti menganggap apa yang dilakukannya benar, termasuk yang melakukan 1 dari 5 kesalahan di atas.

Wajarnya, kolom – kolom dalam komentar adalah seperti ini;

  • Nama, adalah nama kita, asli atau panggilan, atau mau menggunakan nama top online nggak ada yang peduli. Intinya kenalan, person to person. Bukan orang sama tempat outbond
  • URL, adalah alamat blog kita, bukan alamat artikel tunggal atau bahkan produk obat kuat 😛
  • Email, usahakan yang sudah anda daftarkan di Gravatar kalau blog yang akan dikomentari menggunakan WordPress, biar nanti wajah cakep dan gantengmu muncul, seperti yang sampaikan dalam posting Cara Pengaturan Profil WordPress.

Niatnya, berkomentar di blog adalah untuk menjalin silaturahmi, jadi pastikan ada keterkaitan antara tulisan yang dikomentari dengan komentarmu, kalau tidak nyambung khan malu sendiri. Syukur bisa menambahkan value kepada artikelnya dan pembaca lainnya.

Ya minimal kalau tidak memberikan masukan positif atau memberi pertanyaan untuk memperjelas artikel kita bercerita tentang pengalaman kita tentang apa yang menjadi topik.

Hubungan pertemanan baru sering lahir dari komentar di blog, apalagi kalau sebelum komentar di sempatkan baca halaman about, lalu menyapa si empunya blog dengan hangat di komentar kita.

Mungkin komentar seperti Pak Teguh di atas sudah ditulis manual dengan susah payah, tapi bagi saya, standar pribadi saya masih belum merupakan komentar yang sungguh – sungguh. Tempat sampah endingnya, saya memang kadang sadis!

Bagaimana dengan kamu?

Sekarang giliranmu deh, kalau ada cerita dan pertanyaan seputaran artikel cara mendapatkan backlink dengan cepat via blogwalking yang sering salah kaprah ini, bagikan di kolom komentar ya 🙂

23 pemikiran pada “Cara Mendapatkan Backlink dengan Cepat”

  1. Kalo aku juga mangkel di komen2 sama bot atau orang gak jelas (tapi di FP FB sih). Kalo di blog, puji Tuhan blm ada yg nyasar padahal ga pake moderasi. Too personal kayanya sih blog saya hihihi 😀

    Salam kenal ya Mas!

    Balas
    • Salam kenal balik mbak Winda 🙂
      Blog model apapun pasti ada kok orang yg memiliki kesamaan interest dengan kita, yang bakalan tertarik buat komentar dan menjadi kenal dengan kita. Hehe…

      Balas
  2. Terkadang, blog sayapun banyak yang seperti itu. Malahan, bisa komentar di 5 artikel berbeda dengan 5 URL page mereka yang berbeda padahal ya orangnya dia-dia juga.

    Kalau ngomongin blogwalking, saya lebih senang malam hari sih. Lebih santai aja suasananya 🙂

    Balas
  3. Beberapa hari kemarin blog saya diserbu komen geje yang jualan obat herbal lah, obat kuat lah, sampe tukang togel . Komennya pendek , ga jelas, numpang jualan. Akhirnya saya moderasi aja semua komen yang masuk. Eh temen2 yang biasa komen pada bingung kenapa komennya ga otomatis muncul.

    Balas
  4. Dulu saya ngikut yang keslahan 5 di atastapi setelah sadar diri karna cuman nyalurin hobi minimal harus sopan dalam ber komentar.. kena banget nih (sakitnya tuh di sini) hehehe

    Balas
  5. Sudah lama saya tidak rajin blogwalking seperti dulu, mungkin karena keterbatasan waktu, kuota, atau karena alasan lain. Namun, terkadang saya hanya sekedar baca -baca tanpa meninggalkan komentar, kalau bertegur sapa dengan yang punya blog (dan sudah “kenal”) terkadang lewat sosial media atau lewat HP. 😀

    Balas
    • Salam kenal sebelumnya mas Sukadi, memang kalau dibandingkan dengan dulu jauh banget pilihan komunikasi kita dengan teman online. Kalau dulu sebelum Facebook trend ya paling blog satu – satunya media, nomor telpon juga jarang yang punya.

      Kalau sekarang kita bisa terhubung dengan selusin akun sosial media dan aplikasi buat chat, komen di blog sudah tak seseru dulu 🙂

      Balas
  6. belakangan ini saya sering ikut Blogwalking namun agak sedikit kurang jelas belakangan ini karena niatnya kurang untuk silaturami.

    hoho
    thanks atas infonya kakak senior blogger

    Balas
  7. hehehehe
    ternyata gtu yah, emang gak semua juragan yg punya web tersebut mengeposkan komentar dengan nama yang mengandung keyword ya mas. yah mdah2an dengan orang yang suka promo secara langsung tidak lagi membabi buta ya mas tiyo 🙂

    Balas
  8. nampaknya memang sudah lazim sekarang memberi komentar tanpa membaca dulu.. terkadang hanya sekedar basa basi pada blog kita… yaahh.. tak taulah.. asal jangan yang spam dan mengandung sarah saja…
    Salam sukse selalu min…..

    Balas
  9. Maaf mas untuk poin nomor 5 apa bukan seperti ini yang benar, Berkomentar dengan bahasan berbeda dari artikel. Hehehe

    Balas

Tinggalkan komentar