Verifikasi PayPal, Sebuah Keharusan bagi Blogger yang Mau Maju!

by

Lama tidak menulis, saya mau berbagi tentang Verifikasi Paypal. Verifikasi PayPal adalah hal wajib bagi blogger yang ingin menerima pendapatan dari Internet, entah itu dari Google AdSense menjual barang dan jasa atau dari sumber lainnya seperti Affiliasi misalnya. Dengan memiliki akun PayPal yang verified maka transaksi online akan semakin mudah dan cepat. Dengan memiliki akun PayPal aktif, kita juga jadi semakin bersemangat untuk melakukan promosi di blog, karena yakin penghasilannya nanti akan sampai di kantong.

Yang menjadi masalah bagi blogger adalah proses untuk verifikasi PayPal ini sendiri, karena PayPal meminta kita untuk memasukkan 16 digit nomor kartu kredit kita. Sementara sebagian besar blogger pemula seperti saya biasanya tidak memiliki kartu kredit, mungkin kartu debit bagi yang sudah punya rekening bank. Untuk mendapatkan kartu kredit, saya pernah bertanya ke Customer Service Bank Mandiri, harus memiliki penghasilan 2.5 juta/bulan, duit dari mana πŸ˜›

Verifikasi Paypal

Perbedaan PayPal Verified dan Belum Verified

Sebenarnya tidak jauh beda antara account yang Verified dan yang belum, sama – sama bisa kita gunakan untuk menerima uang. Namun dari pengalaman saya sebelumnya, jika kita belum melakukan Verifikasi PayPal akun kita lebih rawan untuk kena limit. Pertama kali saya mendapat komisi sebuah buku blogging $19.5, beberapa saat kemudian saat ingin menggunakan uang tersebut akun saya justru kena limit.

Yang kedua lebih parah lagi, komisi salah satu penyedia Themes Premium WordPress, AppThemes senilai $98 hangus. Saat itu saya belum memiliki akun PayPal Verified, akun yang saya daftarkan sudah kena limit, pembayaran komisi terlanjur dikirimkan, tapi nyatanya tidak pernah masuk dalam akun tersebut. Saat saya tanya pihak AppThemes, komisi sudah dibayar dan tidak bisa menariknya lagi dari PayPal πŸ™

Pokoknya kalau belum melakukan Verifikasi PayPal, pasti tidak akan tenang!

Verifikasi PayPal dengan VCC

Penggunaan VCC (Virtual Credit Card) sudah saya dengar dari beberapa tahun silam, namun saat itu saya tidak minat untuk mencoba verifikasi PayPal dengan metode ini, karena ada yang berkomentar rawan kena limit juga. Saya belum mencoba, tapi langsung mundur. Disamping beberapa tahun yang lalu saya juga belum punya rekening bank.

Setelah merasa buntu, Juni kemarin pun saya mencari informasi dari beberapa blogger yang sudah pengalaman tentang Verifikasi PayPal seperti Pakdhe Cholik, Mas Ardian dan Mas Khairul Azami.

Mas Ardian memberi saran JualVCCMurah.com, sedang Mas Khairul Azami Β rekomen VCCMurah.Com.Β VCCMurah.com saya lihat lebih terpercaya karena selain designnya lebih bagus, dalam penulisan informasi yang diberikan juga lebih formal dan tidak ‘gaul’ pilihan untuk menghubunginya juga lebih banyak. Bahkan sebelum saya resmi membeli jasanya pertanyaan saya juga ditanggapi.

Saya masih ingat saat itu saya membayar sore hari sebelum saya berangkat touring dengan sepeda motor ke Surabaya dan Malang. Progress dari pendaftaran setelah memasukkan 16 digit VCC (menunggu kode pin) saya terima juga melaui SMS, sangat melegakan. Setelah memasukkan pin langsung deh paypal saya jadi Verified.

Saya masih bingung dengan bank lokal saya yang sudah saya daftarkan pada akun paypal saya yang satunya, apakah bisa dipakai? Saya tanya lewat YM! saya langsung mendapat saran untuk mebuat rekening baru, sangat cepat. Hilang sudah semua keraguan tentang layanan mbak Dewi Palupi yang sebelumnya saya temukan di kaskus.

Mencoba Menggunakan PayPal

Pertengahan Juli, saya mendapat kiriman komisi Affiliasi dari AppThemes lagi. Maka saya putuskan untuk melakukan testing dengan menarik ke bank lokal dan membelanjakan dollar tersebut dengan membeli membership TeslaThemes. Alhamdulillah, semuanya lancar.

Manfaat yang Saya Rasakan setelah Verifikasi PayPal

Yang jelas, makin PD, mau daftar affiliasi mana saja tidak khawatir. Menjadikan PayPal sebagai ‘tabungan’ juga lebih nyaman sekarang.

Beberapa hal yang saya pelajari dari pengalaman ini antara lain:

  • Pepatah jawa yang jadul “Jer Basuki mawa Bea” sangat relevan pada kasus ini. Bahwa untuk mendapatkan sesuatu jangan pernah ragu untuk invest!
  • Jangan takut mencoba sesuatu, saya dari dulu tidak berani menggunakan VCC, akhirnya malah kehilangan hasil jerih payah yang lumayan πŸ™
  • Berkaitan dengan poin sebelumnya, dalam mencoba, kita harus memprioritaskan hal yang kita BUTUHKAN dahulu.
  • Website dengan desain yang lebih baik, rapi ditambah penulisan informasi yang baik lebih menarik minat calon pelanggan (VCCMurah vs JualVCCMurah)
  • Saya juga makin yakin bahwa transaksi online itu tidaklah sebegitu riskan, asal kita memberikan informasi yang lengkap pada pihak bank atau Paypal.

Pesan Saya

Saya harap informasi ini bisa berguna untuk sesama blogger, juga berguna bagi masyrakat pada umumnya. Saya ingin masyarakat Indonesia lebih ‘open’ dan tidak berpikir bahwa jual – beli online itu seperti membeli kucing dalam karung. Jual beli online memudahkan kita, karena tidak capek – capek ke toko, kita juga bisa membandingkan harga.

12 pemikiran pada “Verifikasi PayPal, Sebuah Keharusan bagi Blogger yang Mau Maju!”

  1. Pengalaman yang menarik bagi para blogger yang memmbutuhkannya Kang, Biasanya hal ini selalu di hadapi bagi rekan-rekan blogger yang baru, atau baru mau masuk dalam dunia bisnis online. Trims atas berbagi pengalamannnya ini.

    Salam wisata

    Balas
  2. Cukup lama bermain di dumay dan akhirnya baru tahun 2013 terverifikasi yah mas hehe…
    sangat disayangkan dengan kisah mas tyo tentang limid yg terjadi terhadap akun paypalnya, susah payah malah hangus begitu saja, tapi kalau gak gitu gak ada pelajaran yg bisa diambil…
    oh ya mas kalau akun paypal yg sudah kadaluarsa data vcc apakah beresiko?
    kebetulan akun paypal saya sudah kadaluarsa mas, tapi kemarin masih bisa menerima $ dan mencairkannya…

    matur nuwun πŸ™‚

    Balas
    • Lha kalau itu saya malah belum tahu mas, belum tanya juga ke pihak vccmurah. Pernah sih kepikiran juga nantinya kalau udah lewat 4 tahun saya perpanjangnya gimana. Semoga saja nanti income udah banyak, bisa buat CC beneran dan bisa kepake buat menjaga PayPal tetap ON πŸ˜€

      Balas
      • aminn… semoga saya juga nyusul mas hehe, paypal tetap on serta domain hosting jg yah mas πŸ˜€
        nanti deh ta coba tanya ke pihak vccmurah supaya gak ada keraguan… karna ada niat mau perpanjang 5 tahun nih xixi saya liat lumayan murah tuh yg 5 tahun πŸ™‚

        kasih bocoran donk mas rekomndasi affiliasi marketing kategori bisnis online πŸ˜€
        pengen juga main Affiliasi nih πŸ™‚

        nuwun

        Balas
        • Kalau saya di sini main affiliasinya dengan memperjuangkan hosting terbaik Indonesia itu mas, kalau yang blog luar ga jauh – jauh amat dari Themes WordPress dan plugins. Capek juga kadang ngunjungi satu – satu buat nyari link dan lihat update produk mereka.

          Kalau mau nyoba mungkin ikutan gabung di ejunkie, bluesnap dan shareasale mas, biar sekali daftar bisa nglamar banyak merchant.

          Saya masih penasaran dengan WPEngine mas, satu kali ada yang daftar bisa dapet $200, tapi blom dapet ide bikin posting tentang produk itu yang yahud. Plus persaingannya ketat. Hosting Indonesia aja ketat apalagi hosting luar, hehehe….

  3. Kalau saya waktu pesan VCC nya, masih yang 1 tahun mas coz uang saya nda cukup kemarin untuk langsung mesan yang 4 tahun. O iya saya pesan VCC nya di vccmurah dot com dan saya suka dengahn pelayanannya.. πŸ™‚

    Balas

Tinggalkan komentar