YouTube Tutorial, Apa itu Channel Trailer & Description?

by

Salah satu hal yang menarik dari YouTube adalah berbagai video yang ada di dalamnya. Nyaris dalam bidang apapun, kita bisa mendapatkan tutorialnya di YouTube kalau kita mau mencarinya. Termasuk juga mencari YouTube tutorial itu sendiri.

Nah kali ini dalam YouTube Tutorial singkat ini saya akan mendiskusikan tentang yang namanya Channel Trailer. Awalnya saya juga tidak terlalu paham apa itu channel trailer, pokoknya mengelola sebuah channel ya mengalir saja. Namun belakangan karena sering melihat dashboard YouTube saya, disuguhi dengan berbagai YouTube Tutorial yang ada di YouTube Creator Academy ya akhirnya belajar beberapa hal.

YouTube Tutorial - Channel Trailer & Description

YouTube Tutorial – Channel Trailer Video

Salah satu yang saya pelajari dalam menarik lebih banyak audience di YouTube adalah dengan mencari subscriber/pelanggan yang banyak di YouTube.

Salah satu langkah pertama yang tidak saya lakukan pertama kali adalah membuat sebuah video Trailer untuk channel YouTube saya. Saat ini sudah ada selusin video di Channel utama YouTube saya, dengan puluhan ribu total viewers, tapi baru tahu akan pentingnya membuat video Trailer ini.

Beberapa best practice dalam mengelola channel dari awal sudah saya praktekkan juga, namun rasanya lebih lega lagi saat saya menyelesaikan Channel Trailer ini. Eh ya, dari tadi bahas channel trailer terus, sebenarnya apa sih maksutnya 😛

Seperti halnya Trailer sebuah film, channel trailer memiliki fungsi yang saya, yaitu memperkenalkan channel kita kepada orang yang pertama kali mengunjungi channel kita tentang apa saja yang mungkin kita hadirkan di channel kita.

Biasanya sebuah channel trailer berdurasi cukup singkat, mungkin 30 detik sampai 90 detik. Dalam hal ini saya membuat trailer yang mendekati 100 detik. Karena saya juga melengkapi trailer saya dengan ajakan untuk like, share, berkomentar dalam video saya dan bergabung menjadi subscriber tentunya.

OK deh, kalau penasaran tentang channel trailer channel YouTube saya, bisa dilihat sekarang juga;

YouTube Tutorial – Channel Description

Salah satu hal krusial lainnya dalam sebuah channel adalah description atau penjelasan singkat dari channel kita. Maka saya pun menyempatkan untuk berpikir sejenak saat membuat posting ini agar channel saya memiliki description yang lebih efisien dan menarik, maka jadilah description yang seperti ini;

Selamat datang di Channel YouTube saya, Channel ini berisikan berbagai tutorial tentang blogging, WordPress, Internet, Komputer, sosial media, dll.

Silahkan melihat video tutorial saya, like, share sebelum praktek, pastikan juga anda berkomentar pada video yang kurang jelas.

Jangan lupa untuk berlangganan/subscribe dengan klik http://goo.gl/s56nHD

 Ya, begitulah kira – kira intinya. Simple, to the point dan berusaha seringkas mungkin channel trailer dan juga channel description yang saya buat. Kalau kamu mengelola sebuah channel juga, silahkan di share dalam komentar ya 🙂

Tinggalkan komentar