Membuat Video Tutorial di YouTube dengan Ezvid dan Debut Video Capture

Beberapa waktu yang lalu saya membuatย  dua buah tutorial tentang cara download video YouTube, pada tutorial itu saya juga menggunakan video sebagai media untuk menjelaskan kepada pembaca agar lebih mudah mengikutinya. Dan kali ini saya akan bercerita pengalaman membuat video tutorial di YouTube tersebut kepada teman – teman semua.

Saya menuliskan artikel ini karena menemukan bahwa membuat video tutorial di cara Downloadย  YouTube itu menyenangkan, mulai pembuatan materi dan penggunaan tool yang saya gunakan. Pengalaman baru lain dari membuat video tutorial adalah pemasangan iklan, modifikasi video di YouTube, peluang memasang iklan di video.

Kita juga bisa bergelut dengan data statistik video, seperti halnya saat mempelajari statistik blog yang merupakan bagian dari ngeblog yang lebih saya sukai daripada sebelumnya.

Tool Membuat Video Tutorial di YouTube

Untuk membuat sebuah video tutorial di YouTube, kemarin saya menggunakan 2 tool yang berbeda. Untuk artiekl pertama tentang cara download video YouTube dengan Add-ons Firefox dan Extension Google Chrome, saya menggunakan Ezvid. Tapi pada video tutorial yang kedua saya menggunakan Debut Video Capture dari NCH software.

Membuat Video Tutorial di YouTube dengan Ezvid

Masing – masing tool memiliki keunggulan dan kekurangan. Ezvid bisa langsung mengupload video ke akun YouTube kita kalau sudah jadi, tapi sayang file video .wmv yang dihasilkan lebih besar, dan proses uploadnya lebih lama. Disamping itu kita bisa menampilkan wajah kita yang diambil dari kamera depan laptop saat mengambil gambar ini, seperti tutorial programming yang sering saya lihat di channel NewCircle.

Kelebihan lain dari menggunakan ezvid adalah banyaknya library audio yang bisa dipakai sebagai backsound video tutorial yang kita buat. Sayangnya beberapa audio ini adalah musik dengan hak cipta, yang menjadikan video kita tidak bisa kita pasangi iklan Google AdSense.

Membuat Video Tutorial di YouTube dengan Debut Video Capture

Kalau kita membuat video tutorial di YouTube dengan Debut video Capture hasil file rekaman layar nanti berupa file flash (.flv). Pada tutorial cara mudah download video YouTube di Windows 8, video dengan durasi lebih dari 3 menit menghasilkan file dibawah 10 MB, sedang tutorial sebelumnya yang berdurasi 4:13 file yang dihasilkan hampir 80MB.

Kelebihan lain Debut Video Capture adalah kemampuannya untuk langsung merekam suara kita bersamaan dengan saat kita mengambil gambar dari layar. Dengan begini, antara kata – kata dan video rekamannya bisa klop, saat menggunakan ezvid saya harus merekam ulang suara saya sembari melihat videonya diputar, jadi rasanya kadang seperti kejar – kejaran.

Materi untuk Membuat Video Tutorial di YouTube

Untuk membuat video kita lebih menarik, kita harus mempersiapkan materi yang mendukung video tutorial kita. Hal yang paling wajib menurut saya adalah sebuah file presentasi (slideshow). Karena dengan memiliki sebuah slideshow kita akan lebih mudah menyampaikan isi materi sesuai dengan poin – poin dalam slideshow.

Yang kedua adalah screenshoot atau halaman web yang menjadi topik pembahasan, karena kalau hanya menampilkan slideshow diiringi suara kita saja pasti menjemukan dan tidak akan jelas.

Lalu yang ketiga adalah logo/animasi branding kita, logo dan animasi ini penting untuk membuat kita lebih dikenal dan bisa juga digunakan untuk mengatur/reset perhatian orang yang melihat video kita. Saya sendiri baru menyertakan logo blog ini pada kedua video saya sebelumnya, untuk animasi ini dapatkan tipsnya dari Matthew Woodwark dan Gideon Shalwick.

Memilih Backsound Video Tutorial di YouTube

Membuat video tutorial di YouTube tanpa ada suara latar/backsound kadang rasanya kurang nyaman juga, serasa ada yang kurang. Sering kita memilih file musik yang ada di komputer atau file yang disertakan dalam tool kita seperti ezvid tadi. Kelemahan menggunakan file audio ‘branded’ seperti itu adalah tidak bolehnya kita menerbitkan iklan di video kita.

Membuat Video Tutorial di YouTube - Audio LibraryUntuk mengatasinya kita bisa memilih untuk tidak menggunakan backsound saja – dan membiarkan video kita hambar – atau menambahkannya dari dartaf free audio dari YouTube video manager. File audio dari YouTube ini juga bisa kita download dan masukkan secara manual pada tool saat kita hendak membuat video tutorial di YouTube.

Memasang Iklan Google Adsense di YouTube

Bagi yang sudah memiliki account Google AdSense, menampilkan iklan Google AdSense pada video YouTube di channelnya adalah hal sepele, tinggal klik beberapa setting maka iklan bisa muncul dengan sendirinya. Tinggal masuk channel setting lalu menuju bagian monetization (http://www.youtube.com/account_monetization).

Bagi teman – teman yang belum memiliki account AdSense, metode ini juga bisa dijadikan awal untuk mendaftar AdSense, prosesnya akan lebih cepat daripada saat kita megajukan domain kita sendiri dari awal. Setelah punya account AdSense ini, nanti kamu bisa mencoba untuk mengajukan website lain, susah dan mudahnya nanti bervariasi kayaknya, itu yang saya dengar dari mas Agung Talaga.

Video Analytics YouTube

Seperti halnya Google, YouTube juga merupakan sebuah website dengan fitur pencarian. Dari sana ada juga banyak data seperti di Google Analytics yang menampilkan banyak data unutk di analisa. Saya merasa memiliki channel YouTube bisa sama sibuknya dengan memiliki dan mengurus blog sendiri.

Yang menjadi tantangan dan pertanyaan bagi saya adalah optimasi sebuah video agar bisa berada di SERP YouTube itu kira – kira bagaimana ya? Syukur lagi kalau bisa muncul di SERP Google, traffic yang didapatkan pastinya lebih mantab nanti.

Mau Membuat Video Tutorial di YouTube Juga?

Dari beberapa pengalaman dan penjelasan yang kurang jelas di atas, apakah kamu mau ikut membuat video tutorial di YouTube juga? Kalau ya, ayo kapan lagi, ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan selama ini. Kalau ada laptop, berarti bisa.

Kalau tidak, kenapa tidak? Traffic dari YouTube ke blog kita bisa sangat menjanjikan juga kalau kita pintar memanfaatkannya, disamping kita bisa dapat backlink bermutu dari sana dan tambahan impression iklan AdSense.

15 pemikiran pada “Membuat Video Tutorial di YouTube dengan Ezvid dan Debut Video Capture”

  1. aduh kebetulan sekali mas, saya diberi tugas oleh guru produktif saya untuk buat video tutorial ๐Ÿ˜€ makasih banget udah dishare. bermanfaat sekali

  2. Kalau saya biasa nya pakai software Free Screen To Video mas untuk membuat video tutorial. Lumayan kecil ukurang file nya dan kualitas video nya juga bagus.

  3. gan mau nanya nih, kalo mau masukin text di video tersebut apakah bisa menggunakan program diatas? maklum ane mau share beberapa tutorial bisnis online dan bitcoin ๐Ÿ˜€

    • Untuk Ezvid gratis pak, tapi ada beberapa hal yang saya tidak suka, seperti penambahan narasi yang harus di belakang. Kalau ada alternatif berbayar yang handal tapi murah, saya rekomendasi AVS Video Editor.

Tinggalkan komentar