Ketahui Siapa Audiens Blog Anda Agar Artikel Makin Banyak Dibaca

Berdasarkan pengalaman saya setahun kebelakang, dalam mengelola blog salah satu hal yang lebih sering saya lakukan daripada sebelumnya adalah bergelut dengan data. Apa manfaat mengkaji data ini? Manfaatnya adalah saya lebih tahu jawaban dari pertanyaan “Siapa Audiens Blog Anda?” yang biasa dihadapi semua blogger.

Data yang saya pakai biasanya perpaduan dari Google Analytics dan juga Google Webmasters Tools. Kali ini saya akan membantu anda menemukan siapa audiens blog anda dengan lebih jelas dengan memanfaatkan data posting lama di GWT.

Caranya adalah; 1). menganalisa kata kunci yang dipakai audiens blog anda beserta performa artikel kamu di SERP. 2). Memilih kata kunci yang lebih tepat untuk dioptimasi, 3). Editing posting agar posting anda makin bagus posisinya di SERP yang secara tidak langsung memastikan informasi bermanfaat kamu terbaca. :big win: :mrgreen:

Mengetahui Siapa Audiens Blog Anda dari Data GWT

Sebelum kita memiliki data tentang posting kita, hal pertama yang kita lakukan jelas saja menulis artikel, kalau kita sama  sekali belum memiliki konten yang dibuat jelas kita bakalan kesulitan karena minimnya data yang bisa kita olah.

Note: Artikel ini juga bisa diberi judul ‘Cara edit posting lama agar lebih banyak pembaca berdasar keyword yang paling banyak digunakan audiens blog kita’. Tapi kepanjangan kayaknya 😛

Ambil contoh posting tentang Cara Setting Proxy Server

Dalam contoh ini saya mengambil sebuah posting paling banyak dibaca di blog ini setahun lalu, Cara Setting Proxy Server pada Mozilla Firefox dan Google Chrome. Dulunya posting itu sangat banyak kunjungannya, paling banyak bisa mencapai 186 view, tapi sekarang selalu dibawah 100 view. Inilah tampilan artikel ini sebelum saya rubah.

Mengetahui Siapa Audiens blog anda? - Example

Dan berikut adalah statistik posting itu setahun terakhir;

Optimasi SEO Artikel Blog

Ada di urutan ketiga, namun nasibnya tidak beruntung hari ini,

Mengetahui jumlah Pengunjung WordPress

Memulai Analisa dari GWT

OK, sekarang kita sudah punya posting yang ingin kita ketahui. Kita akan menggali tentang siapa audiens blog yang membacanya, bagaimana mereka mencari tulisan itu, dan dengan keyword apa poting itu bisa ditemukan dan dibaca lebih banyak orang lagi? Thanks, karena ada Google Webmasters Tools.

1. Filtering data agar sesuai yang kita perlukan

Secara default, Google Webmasters Tools menampilkan semua keyword yang diterima blog kita, dengan filter dari web saja, pencarian gambar, atau dari perangkat mobile yang semakin besar jumlahnya tidak muncul begitu kita membukanya. Oleh karenanya kita perlu untuk melakukan pemyesuaian filtering ini.

Filtering keyword untuk optimasi seo artikel

Kotak satu adalah filter default yang saya sebut sebelumnya. Kotak dua kita rubah jadi all, kotak tiga kita masukkan keyword yang menjadi kata kunci utama posting itu. Kotak empat, di klik aja biar jalan 😛

2. Analisa keyword yang paling sesuai

Dari sini kita sudah lebih tahu, siapa audiens blog anda, karena hasil filtering (kotak 1 bawah ini) akan menampilkan keyword yang mereka gunakan sebelum membaca artikel kita terlihat seperti berikut;

Keyword untuk mengetahui siapa audiens blog anda

Kata kunci paling dicari dan juga paling mendatangkan pengunjung pada posting itu sebulan terakhir adalah proxy server, server proxy, cara setting proxy. Saya lihat posting itu teroptimasi untuk keyword setting proxy server, kata kunci yang ke 22 dari daftar dengan jumlah pencarian 9 dan kunjungan 5 saja.

Optimasi kata kuncinya tepat karena posisi rata – rata di SERP sudah 1.2, tapi sayang saya salah sasaran, hal ini karena saya tidak tahu apa kata kunci yang paling sering dipakai orang, saya tidak tahu siapa audiens blog saya 🙁

Dari sana saya memutuskan untuk mengganti targetnya menjadi ‘cara setting proxy server‘ karena;

  • Menargetkan kata kunci 1 dan 2 rasanya konyol, saingan kita nanti bisa web dalam bahasa apa saja yang ada di dunia
  • Kata kunci yang panjang lebih bagus, selain kata kunci ketiga yang sudah teruji jumlah pencariannya, makanya kata  ‘server’ tidak saya hapus, bonus.
  • Click artikel itu untuk keyword itu sudah bagus
  • Menaikkan posisi artikel dari rata – rata 4.7 di SERP ke posisi yang lebih baik (2 atau 3) rasanya lebih mudah dari posisi 6 atau 11 😛

3. Editing artikel sesuai kehendak audiens blog

Langkah selanjutnya, kita optimalkan SEO artikel ini agar sesuai dengan audiens blog kita. Saya berusaha mempersembahkan artikel terbaik buatan saya itu agar lebih mudah mereka temukan. Agar mereka bisa membacanya dan menerima manfaat dari tulisan itu.

Siapa Audiens Blog Anda?

Saya rasa cukup sekian posting dalam rangka flashback blogging ini, berkenaan usia blog ini nambah setahun tanggal 14 lalu.

Sekarang tugas anda untuk mempelajari siapa audiens blog anda sendiri agar anda bisa melakukan langkah – langkah ini untuk memastikan tulisan anda ditemukan dan dibaca.

Kalau ada pertanyaan, pengalaman pribadi yang dimiliki, makan siang gratis dan cacian yang ingin disampaikan silahkan berkomentar. Have a nice day  🙂

18 pemikiran pada “Ketahui Siapa Audiens Blog Anda Agar Artikel Makin Banyak Dibaca”

    • Ah, saya ingat betul kalau saya mulai akrab dengan kata ini sejak kisaran kelas 1 SMK, Nandar kelas berapa sih sampai saya musti jawab pertanyaan kayak gitu? Khan juga ada kamus. Atau Internet bahkan, yang terlalu kuat untuk mencari makna sebuah kata saja. Don’t be pointless!

  1. Siasatmu wajib aku praktikkan, bro. Aku berhenti memerhatikan SEO bertahun-tahun. Kupikir, jika SEO diutamakan, tulisan jadi memble. Jika tulisan diprioritaskan, SEO jadi lemah. I should try combining both then.

    • Aku memang selalu memperhatikan aplikasi SEO sehari – hari bro, tapi menerapkan standar tentang artikelku, yang selalu berusaha informatif dan berguna bagi peselancar internet adalah poin pertamanya, syukur – syukur bisa menjual artikelnya 😀

  2. Rumit juga ya…apalagi bagi blogger yang punya blog lebih dari satu tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.Selama ini pakai google analytic cuma melihat artikel mana saja yang paling banyak dikunjungi kemudian memecahnya menjadi beberapa kata kunci.

    • Ya memang sekilas ini melelahkan, tapi kalau kita terapkan trik menargetkan ulang kata kunci menuju kata kunci yang lebih tepat ini kita akan memperoleh peningkatan jumlah kunjungan dengan usaha yang relatif lebih mudah daripada kalau harus membuat posting lagi dari awal.

      Kita lakukan ini pada beberapa posting unggulan di blog saja, kalau mau kita terapkan hanya pada kata kunci dengan jumlah pencarian diatas 3000 misalnya, jadi tidak perlu editing semua tulisan. Kalau semua tulisan, saya bisa pingsan, blog ini ada 224 artikel sekarang 😀

Tinggalkan komentar