Spesifikasi Laptop Ideal 2013 dilihat dari Prosesor, RAM dan Hard Disk

Kebutuhan berkomputasi adalah sesuatu yang bisa dibilang wajib untuk jaman sekarang. Didorong dengan pesatnya perkembangan Social Media seperti Facebook, Twitter, YouTube atau juga Google+, rasanya sangat tidak mungkin kalau kita tidak bisa mengunakan atau memiliki sebuah komputer.

Laptop, adalah komputer yang paling mendukung, karena kemampuannya yang melebihi smartphone dan juga tablet yang lebih sering digunakan untuk sekedar browsing.

laptop ideal 2013

Image Credit: Engadget

Di tahun 2013 laptop merupakan gadget wajib, baik itu untuk bekerja atau memanage berkas digital sepeti foto dan video yang semakin hari semakin banyak karena dunia fotografi yang semakin memasyarakat berkat hand phone, camera saku atau juga tablet.

Dari deskripsi di atas, bisa saya perkirakan kalau laptop yang Ideal di tahun 2013 adalah laptop yang relatif bertenaga. Karena selain bekerja dengan software word processing dan spreadsheet, nampaknya mengolah foto dan video juga merupakan kebiasaan yang akan kita lakukan.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, juga tantangan yang akan muncul di tahun 2014, maka spesifikasi laptop ideal di tahun 2013 menurut saya adalah sebagai berikut;

1. Prosesor minimal Dual Core 1.7 Ghz

Prosesor yang kuat sangat diperlukan. Prosesor single core sudah tidak jamannya lagi, kebanyakan prosesor sekarang sudah dual core, atau bahkan quad core. Clock speed di atas 1.7 GHz yang banyak di pasaran adalah sebuah batasan minimal menurut saya.

2. RAM di atas 4 GB

Beberapa video editor seperti Lightworks mensyaratkan RAM minimalnya adalah 3 GB. Jika sambil browsing Google Chrome kadang menghabiskan memory hingga 200 MB. Ditambah pengolah grafis seperti Photoshop, Fireworks, Ilustrator, GIMP atau CorelDRAW dan aplikasi perkantoran makan RAM 4 GB adalah sebuah standar jika kita ingin melakukan pekerjaan yang multitasking.

3. Hard Disk minimal 500 GB

Semakin hari semakin banyak berkas digital yang kita produksi. Mulai dari dokumen, foto – foto dan video bersama teman dan keluarga saat liburan juga koleksi lagu dan film.

Karenanya penyimpanan yang lapang juga kita perlukan, 500 GB adalah ukuran yang tidak terlalu berlebih, juga tidak bakal kurang untuk menampung berkas kita hinga 3 tahun ke depan. Beli laptop ga mungkin khan tiap tahun 😀

Layar, Merek??

Stop. Untuk beberapa aspek seperti ukuran layar dan fitur tambahan itu tergantung dari kebutuhan, bagi yang sering mobile mungkin layar 15.6″ tidak akan sesuai. Begitu juga layar 10.1″ pastinya tidak mengenakkan bagi anda yang berkutat dengan design grafis. Merek apalagi, semua relatif.

Kalau secara personal sih urutan merek yang saya sukai Sony, Asus, Fujitsu, Lenovo dan HP :mrgreen: But, sekali lagi no offense.

Tidak ada laptop 3-5 juta yang sesuai!

Laptop dengan harga 3 juta sampai 5 juta adalah laptop yang relatif sesuai dengan kantong orang Indonesia. Namun setelah saya mencari di Bhinneka pada range harga tersebut, tidak ada laptop yang memenuhi kriteria di atas, loh?

RAM di atas 4 GB, itulah yang tidak ada, solusinya mungkin dengan mengupgrade RAM yang ada, satu keping RAM 2 GB adalah sekitar 110 ribu, atau 200 ribu untuk RAM 4 GB.

Kesimpulan Laptop Ideal 2013

Produk baru selalu berdatangan, mungkin untuk saat ini tidak ada yang memenuhi kriteria itu, namun beberapa bulan ke depan mungkin sudah banyak. Anda bisa menambahkan pada komentar untuk membantu pembaca yang lain jika produk itu nanti sudah tiba.

Posting ini bukan sebuah panduan wajib, saya hanya membuat prediksi dari kencenderungan perkembangan laptop yang sudah berjalan di tahun 2012 ini. Penggunaan Bhinneka.com juga tidak lebih karena itu adalah situs jual beli terpercaya yang sudah lama aktif di tanah air, no offense 🙂

Akhirnya, selamat berbelanja, semoga hari anda menyenangkan. Thanks for reading! Share if you pleased 🙂

7 pemikiran pada “Spesifikasi Laptop Ideal 2013 dilihat dari Prosesor, RAM dan Hard Disk”

  1. Wach..punya saya udah jadul ini..hehe dari 3 diatas hanya prosesor yg sdh dibilang bagus…RAM cuma 1GB mau nambah belum ada duit, Hardisk cuma 250 GB maklum jaman tahun 2008 jarang yg 500GB.hehe.. Kalo mau diganti dengan windows 8 pun kayanya dr RAm sdh kurang memenuhi syarat…karena dijamin berat…

    Balas

Tinggalkan komentar