Nokia 808 PureView, Ponsel dengan Kamera 41 Mega Piksel

41 Mega Piksel pada sebuah ponsel? Yup benar, jangan dikira saya salah ketik dalam menulis judul posting di atas, karena memang itulah resolusi yang ditawarkan nokia dalam produk terbarunya, Nokia 808 PureView. Produk yang rencananya akan keluar di zona Eropa pada  kuartal kedua tahun ini dibekali dengan system operasi Symbian Belle.

Nokia 808 PureView

Dari segi spesifikasi, Nokia 808 PureView agak sedikit meragukan pada awalnya, karena hanya dibekali dengan prosesor tunggal 1.3 GHz, RAM 512MB. Sedangkan dari bentuk rupanya dia dibekali dengan layar AMOLED 4″ dengan lapisan kaca anti gores Gorilla Glass. Kameranya menggunakan lensa Carl Zeiss, video yang dihasilkan bisa mencapai kwalitas 1080p. Yang terbayang di benak saya pada awalnya adalah betapa lamanya proses penyimpanan hasil jepretannya nanti, dimana hasil fotonya mungkin saja berukuran 15 MB lebih, namun prosesor yang dipakai untuk mengakomodasi keperluan tersebut cuma 1.3 GHz dan RAM 512 MB saja.

Sensornya pada fokus 1/1.2″ berukuran empat atau lima kali sensor kamera ponsel pada umunya. Dengan sensor yang lebih besar, kamera bisa menghasilkan gambar yang lebih sensitif dengan ukuran resolusi yang sama.

PureView hadir dalam sistem operasi Symbian karena gagasan untuk mengembangkan ponsel dengan kwalitas fotografi mumpuni ini terlahir saat Nokia masih menggandeng Symbian dalam beberapa ponsel N Series awal (kurang lebih 5 tahun yang lalu). Ke depannya, nokia juga akan membuat handset serupa untuk OS Windows Phone 7, menyusul kedekatan keduanya akhir – akhir ini. Kalau mau melihat hasil jepretan kameranya bisa dilihat di flickr.

2 pemikiran pada “Nokia 808 PureView, Ponsel dengan Kamera 41 Mega Piksel”

  1. Ping-balik: Kamtiyono

Tinggalkan komentar