DNS Changer, Tanda – Tanda dan Pencegahannya

Apa itu DNS Changer

DNS Changer adalah sebuah trojan yang bekerja dengan cara mengalihkan DNS yang digunakan oleh sebuah komputer dalam sebuah jaringan atau ISP. Secara normal, sebuah komputer yang akan mengakses sebuah situs internet berarti mengakses IP server situs bersangkutan. IP adalah barisan angka berformat (nnn.nnn.nnn.nnn) dimana nnn adalah angka 0 hingga 255. Sebuah DNS server berfungsi menerjemahkan alamat yang biasa kita kenal seperti facebook.com ke format IP tersebut.

Sejarah DNS Changer

DNS Changer mulai dikenal sejak tahun 2007 hingga 2011, merupakan kreasi perusahaan Estonia yang bernama Rove Digital. Komputer atau jaringan yang terserang trojan  DNS changer ini akan dialihkan pada IP lain saat akan mengakses sebuah situs. Situs – situs palsu ini adalah situs yang terdapat iklan dari Rove Digital tersebut, mereka bermaksud mendapatkan lebih banyak pendapatan dari Iklan pada situs palsu itu. Pada masa puncaknya, diperkirakan ada 4 juta komputer yang terinfeksi, dengan keuntungan para cracker hingga $14 juta.

 Bagaiamana Cara Memeriksa Apakah Saya Terinfeksi DNS Changer?

 Cara paling sederhana untuk mengetahui apakah komputer anda terinfeksi DNS Changer adalah dengan menggunkan perintah Run (Win+R) lalu ketikan ipconfif /all, selanjutnya akan muncul sebuah jendela command prompt yang muncul sangat cepat, bahkan saya tidak bisa melihatnya kecuali dengan bersiap- siap menekan Print Screen. Berikut adalah tampilan punya saya;

Serangan DNS Changer

Lihat pada kotak DNS Servers, kemudian cocokan dengan daftar DNS server yang digunakan trojan tersebut berdasar rilis yang diberikan FBI sebagai berikut;

DNS-changer-malware

Dalam rilis tersebut juga diberikan gambaran secara lebih jelas untuk pengguna wireless, jadi saya sarankan anda untuk mengunjungi laman tersebut. Cara lain juga bisa anda dapatkan di halaman DCWG.org berikut.

 Bagaimana cara Mengatasi DNS Changer?

Jika komputer atau jaringan anda terbukti terinfeksi dengan trojan DNS Changer ini, maka anda bisa menggunakan beberapa antivirus seperti Hitman Pro, Kaspersky Labs TDSSKillerMcAfee StingerMicrosoft Windows Defender OfflineNorton Power EraserTrend Micro Housecall, MacScan dan Avira.

Sumber referensi dan pencegahan lainnya;

Sekian, selamat pagi, semoga artikel tentang DNS Changer ini bisa membantu dan memberi pencerahan 🙂

Tinggalkan komentar