MotoGP Catalunya 2012, Akankah Valentino Rossi Podium Lagi?

Balapan MotoGP pada minggu malam kemarin adalah balapan yang sangat menharukan, dramatis dan inspiratif menurut saya. Bagaimana kesabaran dan perjuangan Rossi pada lap basah di sirkuit Le Mans 20 Mei 2012 itu pada akhirnya membawanya ke podium kedua. Mengobati kehasusan para penggemar dengan keberadaannya di sana bersama Jorge Lorenzo dan Casey Stoner.

Start di urutan 7, Rossi beranjak ke urutan empat pada lap -lap awal. Namun di pertengahan balapan Dovisiozo dan Cal Curtlow berhasil meng-overtake-nya, membuatnya berada di urutan ke-5. Namun dengan penuh kesabaran, akhirnya Rossi berhasil mengembalikan keadaan, keduanya bahkan justru crash pada akhirnya.

Masuk 3 lap terakhir, Rossi makin percaya diri, ia menggeber motornya lebih keras hingga bisa mendekati Stoner yang ada di depannya. Lap kedua adalah kali pertama dia berada di depan Stoner untuk sepersekian detik. Dan akhirnya pada awal lap terakhir dia berhasil menjadi yang ke-2 dan mempertahankannya hingga race usai. Fantastis!

Valentino Rossi MotoGP Le Mans 2012

Selanjutnya, Akankah Rossi Menang di Catalunya?

Setelah ini, seri MotoGP akan diadakan di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Di sirkuit dengan panjang lintasan 4.727 m ini Rossi justru crash pada tahun lalu. Pada race tanggal 3 Juni nanti mungkin Rossi tidak akan secemerlang kemarin, mengingat recordnya selama ini di Catalunya juga tidak begitu bagus.

MotoGP Catalunya 2012

Tercatat untuk kelas MotoGP sepanjang masa, pencetak lap tercepat di sana adalah Stoner pada tahun 2008 (1’41.186). Sedang kecepatan tertinggi dipegang Alex Barros pada tahun 2004 (339.4 km/j). Yang menarik adalah Stefan Bradl, tahun lalu keberadaannya di Moto2 juga membuatnya menjadi pencetak skor untuk lap tercepat pada kelas itu, walau selama ini dia membalap dengan tanpa beban bolehlah kita tunggu kiprahnya nanti.

Spanyol adalah rumah bagi 6 pembalap MotoGP termasuk Lorenzo juga Pedrosa, keduanya tentu lebih diunggulkan. Namun kita lihat saja nanti hasilnya, cuaca juga bisa jadi sangat mendukung Rossi untuk menang jika hujan mengguyur.

Itu analisa bodoh saya, bagaimana menurut kamu?

Satu pemikiran pada “MotoGP Catalunya 2012, Akankah Valentino Rossi Podium Lagi?

Tinggalkan komentar