My Blogging and Personal Journey on Life

by

Tidak tahu kenapa saya merasa ingin membuat posting model begini di blog ini, sekedar bercerita, review back my life. Baik itu tentang kehidupan online (dalam hal ini blogging) maupun kehidupan saya pribadi.

Mungkin semua ini terbawa dari apa yang terjadi dalam kehidupan saya, yang menjadikan saya merasa sedikit melankolis. Ada beberapa hal yang sebenarnya mengganjal dalam benak saya, yang saya putuskan untuk saya simpan sendiri dan tidak saya bagi kepada siapa – siapa yang dekat dengan saya.

My Blogging Story

Saya merasa ingin bercerita tentang bagaimana saya memulai berkenalan dengan blogging, mungkin karena kemarin ikut WordCamp ya? Mendengar beberapa cerita tentang pertama kali berkenalan dengan WordPress, tentang bagaiaman teman – teman developer hidup dengan WordPress, juga berbagai tips – trik tentang WordPress menjadikan saya mengingat awal saya berkenalan dengan semua ini.

7 April 2007, itu pertama kali saya mendaftarkan blog gratis saya di WordPress.com, setelahnya saya juga pernah mendaftarkan beberapa blog gratis lainnya. Saya juga pernah menggunakan jasa blog gratis blogspot yang sampai saat ini masih ada.

Di awal ngeblog, yang saya lakukan hanya menumpahkan apa yang ada dalam benak saya, saya berbagi pendapat saya tentang beberapa hal yang sekarang saya anggap tidak penting, karena tiap orang pasti memiliki pendapat yang mereka anggap benar tentang hal tersebut dan mereka tidak perduli dengan pendapat saya itu.

Saat itu, pertama kali saya mendengar tentang upaya mendapatkan duit dari blog saya langsung skeptis dan tidak menganggapnya sebagai hal yang dibenarkan, saya anggap itu menodai nilai suci blogging, berbagi. Setahun berikutnya saya sudah mulai belajar membeli domain dan hosting sendiri, tanpa tujuan lain selain berbagi juga.

Sekitar setahun mungkin domain pertama saya itu sudah tidak saya perpanjang, tahun berikutnya (2009) saya membeli domain baru lagi, dengan menggunakan hosting lainnya yang berujung petaka karena hosting yang sangat hancur. Saat itu saya ingat saya sudah berusaha memasang iklan affiliasi hosting juga, walau blog baru dan juga belum bisa dibilang jalan.

AboutTiyo.web.ID Lahir

Lalu pada 14 April 2010, lahirlah blog ini. Di awal berdirinya, blog ini juga lebih membahas tentang topik yang sedang hangat saja di Internet seperti berita social media dan semacamnya, yang sama sekali tidak akan menjadikan blog ini mendapat perhatian orang, karena topik itu sudah digarap media besar yang jauh lebih mapan.

Entah kapan mulainya, saya merasa mencari income dari blog adalah sesuatu yang sangat wajar, dan saya mulai melakukannya. Mungkin saat saya juga pernah ikut beberapa kali kontes SEO di sini kali ya? AdSense juga sudah mulai saya pasang sepertinya di blog ini sejak awal, tapi pada saat itu saya gunakan email Gmail kedua saya.

Pada November 2011 saya putuskan untuk mendaftar lagi dengan alamat email yang paling sering saya pakai demi kemudahan akses. Awalnya blog ini tidak diapprove, beruntung di akhir tahun 2010 saya membuat blog baru dalam bahasa Inggris, yang walau kontennya masih kacau balau temanya apa begitu saya ajukan langsung diapprove account AdSense saya itu. Walau sampai sekarang belum pernah Pay Out sih πŸ˜›

Zaman Affiliate

Pada tahun 2012, saya tidak ingat setelah atau sebelum membaca ebook dari Yaro Starak. Saya mulai melihat affiliate marketing, menawarkan produk dari blog dan mendapatkan komisi jika saya berhasil menjadikan pembaca blog pembeli/pengguna layanan yang saya tawarkan sebagai sebuah metode yang lebih bagus untuk mencari income di internet.

Saya pernah ikut Amazon Affiliate, tapi tidak pernah merasa mantab. Mungkin karenaΒ  memang produk mereka bukanlah produk – produk yang menarik bagi saya sendiri untuk diulas dan ditampilkan di blog, jadinnya ya kurang maksimal. Sementara di blog ini saya mulai membuat beberapa posting tentang review masterweb, yang saya mulai lihat potensinya.

Hingga akhirnya masuk tahun ini, blog – blog yang saya kelola sudah mulai menghasilkan reward dari waktu dan proses belajar yang saya lakukan selama ini. Affiliasi hosting masterweb sudah membayar saya 3 kali tahun ini. Blog saya yang berbahasa Inggris yang menawarkan themes dan hosting luar juga sudah menghasilkan beberapa ratus dolar juga.

Walau nyatanya saya belum bisa memanage uang tersebut dengan baik, tapi paling tidak saya sudah tahu dan merasakan bagaimana potensi yang bisa saya dapat dari blog kalau bisa dioptimalkan lagi.

Personal Journey of Life

Cerita nggak ya?

Cerita deh. Saya merasa saya sudah cukup umur sekarang, tapi tidak punya apa – apa untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Walau memang saat ini tidak ada sih plan untuk segera melangkah ke sana. Kemarin sempat ada harapan, tapi sekarang pupus. Tapi saya merasa saat itu sudah waktunya dipikirkan dari sekarang.

Saya hanya bisa berharap, agar tahun depan bisa lebih fokus mengurus semua bisnis dari blog, biar tahun depannya lagi semuanya bisa terwujud.

Blogging Milestone

Kembali ke blogging lagi, ternyata posting ini adalah posting ke-193 di blog ini, yang artinya blog ini sekarang adalah blog saya yang paling banyak jumlah postingnya mengalahkan learnsimply. Seperti untuk alasan ini pula saya tadi di awal ingin sekali untuk menulis ini. Mungkin blog ini akan sedikit lebih jarang posting nantinya, karena saya ingin lebih fokus pada blog – blog saya yang lainnya.

Ada plan besar juga kemarin masih tersimpan di Google Keep, tapi saya rasa tidak bisa saya lakukan kalau saya mau blog – blog itu lebih maju.

9 pemikiran pada “My Blogging and Personal Journey on Life”

  1. Saya mau nulis apa tadi ya mas, kok saya lupa ya abis terlalu serius nyimak cerita di atas mas. O iya ini mas, cepat2lah menuju ke sana supaya rezkinya lebih dimurahkan lagi πŸ˜€ Nggak nyambung ya? Kaburrrrrrrr……..

    Balas
  2. jangan fokus sama blog saja mas buat bisnis, tpi juga bisa memanfaatkan media2 lain buat bisnis mas, seperti Facebook dan Twitter… oh ya.. salam kenal sebelumnya..

    Balas

Tinggalkan komentar