Obyek Wisata Bledug Kuwu

by

Obyek wisata bledug kuwu merupakan obyek wisata yang berlokasi di Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, atau tepatnya di desa Kuwu. Berjarak sekitar 27 km sebelah timur kota Purwodadi. Selain bisa dicapai dari kota Purwodadi, obyek ini juga bisa diakses melalui Demak atau juga Pati, lewat kota kecamatan Wirosari. Itu untuk jalur utara, bagi yang berasal dari daerah selatan kabupaten Grobogan seperti saya, anda bisa menempuh jalur pintas antar kabupaten lewat kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen seperti yang saya tempuh kemarin.

Bledug kuwu merupakan obyek wisata alam yang berupa telaga lumpur hangat yang sesekali meletup-letup disertai dengan uap panas. Letupan yang terjadi juga membawa kandungan air asin, yang oleh penduduk sekitar ditampung untuk dijadikan garam. Pada padang lumpur seluas kurang lebih 45 hektar tersebut, ada banyak titik – titik letupannya, namun yang paling besar hanya satu titik saja. Rata – rata letupan yang tercipta bisa setinggi 3 meter, walau kadang bisa mencapai 10 meter pada saat cuaca dingin di pagi hari atau saat sore hari.

Bledug Kuwu

Seperti biasa, saya akan membahas jalur perjalanan dari apa yang saya lakukan. Perjalanan dari Sragen relatif mudah, karena selalu berada pada jalur lintas kecamatan yang sudah aspal goreng. Adapun jarak tempuhnya adalah sekitar 70 km ( saya kurang memperhatikan speedometer, di samping itu ada insiden kebablasan keluar jalur lebih dari 4 km kemarin ). Jalan bergelombang sesekali akan kita temui, terutama setelah melewati kota kecol bernama Bago, yang sudah masuk wilayah Kabupaten Grobogan.

Bledug Kuwu

Bacaan lain :

1.http://id.wikipedia.org/wiki/Bledug_Kuwu

2. http://www.grobogan.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=81&Itemid=87

Tinggalkan komentar