Yang Baru di Opera 11.10 beta

by

Opera 11.10 betaOpera 11.10 beta kini sudah dirilis, banyak sekali improvisasi yang dilakukan pihak Opera Software, ASA untuk menjadikan browser ini sebagai browser yang kian mumpuni, cepat, stylish dan aman. Memang, setelah mencoba browser dengan code name “Barracuda” ini sangat terasa sekali kecepatannya, sangat ringan, bahkan jika kita menekan tombol back rasanya seperti tidak loading, persis dengan saat menggunakan Opera Mini.

[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=Cw4bwKOp8lo?[/youtube]

Opera 11.10 beta dimotori rendering engine Presto versi 2.8, browser ini sudah dilengkapi dengan berbagai update terbaru. Beberapa di antaranya antara lain support pada beberapa fitur baru CSS 3 seperti linear gradient, rounded corner background dan juga CSS multiple column. Juga ada dukungan pada fitur – fitur baru HTML 5, sehingga mampu memahami standar -standar seperti section, article, dan nav dalam HTML 5.

Juga adanya dukungan pada WOFF (Web Open Font Format) yang akan menjadi standar font di Internet pada masa mendatang. Satu lagi adalah dukungan pada WebP (dibaca “weppy”), yang mungkin belum banyak orang yang tahu kalau WebP adalah suatu standar gambar di Internet yang dikembangkan Google.com. Dengan standar WebP ini memungkinkan gambar dengan kwalitas yang sama akan memiliki ukuran file yang lebih kecil. Sehingga memungkinkan halaman diload dengan semakin cepat.

Dilihat dari banyak hal yang tidak kasat mata adalah hal – hal tersebut di antaranya. Untuk yang paling bisa dilihat mungkin adalah Speed dial yang sekarang bisa di-zoom, drag and drop, penamaan yang bisa diatur, background yang bisa diganti dengan foto kita, serta jumlahnya yang bisa kita tentukan semau kita. Fitur lengkapnya bisa dilihat di halaman changelogs berikut.

Tinggalkan komentar